Ulasan 1 - The Linux Boot Process

Kali ini kita akan mengulas bahasan mengenai tahapan proses yang terjadi pada operating system Linux saat komputer kita dinyalakan. Bahasan ini diambil dari video dengan URL youtu.be/mHB0Z-HUauo berjudul "Understanding the Linux Boot Process - CompTIA Linux+ LX0-101: 101.2" berdurasi 9 menit 6 detik yang diunggah oleh Professor Messer, IT Certification Training Courses, pada 20 Juni 2012.

Pada video tersebut, dijelaskan tiga tahapan utama untuk menjalankan operating system Linux yaitu BIOS, Bootloader, dan Kernel. Pertama, Basic Input Output System (BIOS) yang merupakan inti dari ROM (read-only memory) menghidupkan motherboard dari sebuah komputer saat komputer tersebut pertama kali dinyalakan. Lalu BIOS menjalankan POST (pengecekan cepat terhadap memori) yang mengecek koneksi dari perangkat dasar komputer. BIOS juga berjalan melalui daftar perangkat sampai menemukan Master Boot Record (MBR) dari komputer. Saat MBR dijalankan, bootloader umumnya secara otomatis menjalankan operating system atau mengajukan beberapa pilihan bagaimana kita akan menjalankan operating system. Bootloader juga dapat membuat sebuah initrd image atau disebut dengan "initial ram disk" yang menyediakan ruang pada RAM sehingga driver dapat melakukan proses-prosesnya.

Setelah itu, Bootloader memuat Kernel. Kernel dapat berupa compressed file pada direktori /boot/vmlinuz dalam sistem. Proses inisial tersebut membuat hardware komputer beroperasi yang perintahnya disebut linuxrc sehingga driver dapat berjalan. Pada proses ini juga, RAM disk komputer berganti dengan "the real disk" dari komputer. Hal tersebut membuat driver dapat terintegrasi dengan semua hardware sehingga dapat memuat file system dan menyediakan login sehingga kita dapat mengakses operating system.

Uraian yang disampaikan oleh Professor Messer dalam video tersebut sangatlah rinci ditambah dengan dilakukannya demo proses booting diakhir video. Video tersebut cocok untuk pelajar karena penjelasan yang dilakukan sangat jelas tahapannya sehingga mudah untuk dipahami.


Github Account: fizhazuharah
Video Author: Professor Messer
Pemetaan: Week03
Revisi Pertama: 18 Mei 2017
Revisi Terakhir: 18 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ulasan 2 - Page Tables in Virtual Memory

RANKING00 ULASAN PESERTA OS 2017-1